Ayam Sabung Bangkok Siam Dan Ciri-Cirinya

Posted on

Ayam Sabung Bangkok Siam Dan Ciri-CirinyaAyam Sabung Bangkok Siam Dan Ciri-Cirinya Yang Jarang Diketahui

Ayam Sabung Bangkok Siam – Ayam siam merupakan salah satu jenis ayam aduan yang sering digunakan oleh para pecinta ayam untuk bertanding. Selain menjadi pukulan maut di arena, ayam siam juga memiliki jiwa seperti baja.

Peminat ayam siam juga berada pada level tinggi, sehingga sering berselisih dengan peternak ayam untuk membudidayakan ayam jenis ini. Ayam siam asli memiliki banyak ragam teknik serangan untuk mengalahkan lawan-lawannya. Banyaknya perbedaan teknik yang dimiliki oleh ayam Siamese asli ini merupakan hasil persilangan ayam bangkok dengan jenis ayam yang berbeda. Ayam Sabung Bangkok Siam

Bagi pecinta sabung ayam online pasti banyak yang tahu tentang ayam siam ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri fisik dan kekuatan ayam Siamese Bangkok. Ayam siam adalah asli Thailand dan merupakan perpaduan dari ras ayam aduan Thailand lainnya yaitu Ayam Bangkok dengan ayam kampung. Ayam ini sudah tersebar di seluruh pelosok tanah air bahkan di Indonesia, menjadikannya sebagai ayam aduan terpopuler.

Ciri Fisik Serta Kelebihannya

Ayam siam termasuk ayam jago aduan yang memiliki tampilan cukup bagus terutama untuk sabung ayam atau untuk arena adu ayam online. Ayam ini memiliki tubuh yang tegak dan berotot karena tulangnya yang besar. Tak hanya itu, ayam ini juga memiliki kaki yang sangat kuat sehingga tidak ada tandingannya.

Ayam siam merupakan ayam aduan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Siam ini juga secara khusus dikirim ke semua jenis arena sabung ayam karena kualitas menarik dan gaya bertarung yang lebih bervariasi. Ayam jenis ini merupakan ciri khas dari karakter yang tidak pernah menyerah pada lawan-lawannya, karena memiliki pukulan yang cukup kuat dan menyakitkan, walaupun dalam kondisi yang berat, ia akan bertarung hingga titik darah penghabisan.

Di ajang sabung ayam online, anak ayam siam ini bakal takut bertemu dengan ayam siam yang lebih tua darinya. Namun, jika ia bertemu dengan ayam aduan jenis lain, ia akan segera mengalahkannya. Pasalnya, ayam ini tergolong ayam pertarungan yang agresif.

Oleh karena itu, dia cenderung lebih cepat pincang. Jika latihan yang didapat oleh ayam siam ini kurang maksimal, kemungkinan kekuatan fisiknya selama pertarungan di arena sabung ayam akan kurang memuaskan dan mengakibatkan kematian.

Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Siam
Sulit untuk membedakan ayam Bangkok asli dari ayam Thai Siamese jika Anda hanya melihat matanya. Ada banyak kesamaan antara kedua jenis ayam petarung tersebut. Namun, Anda bisa membedakannya dengan memperhatikan dan menyentuh kedua ayam tersebut

Cara Membedakan

Postur tubuh
Ayam Bangkok yang asli memiliki ukuran tubuh yang tergolong tinggi, panjang (tidak lebar), dan kekar. Struktur tulangnya besar dan keras. Pukulan yang dihasilkan oleh ayam Bangkok cenderung tegas dan akurat, Sedangkan Siamese Chicken memiliki tinggi sedang dengan badan yang besar dan kekar serta memiliki struktur tulang yang keras. Dengan sikap yang demikian, tidak ada salahnya jika ayam siam mampu berdiri bahu-membahu dengan ayam bangkok, dimana ayam ini juga memiliki punch yang sangat kuat.

Baca juga: Jenis Jalu Ayam Bangkok Dan Cara Merawatnya

Kepala
Bentuk kepala ayam bangkok menyerupai buah pinang dan biasanya bertengger. Hal ini tidak terlalu bergantung pada kecepatan serangan paruh. Selain kualitas tersebut, kulit pada bagian wajah ayam aduan ini juga kasar, tebal dan merah. Bentuk kepalanya hampir mirip dengan ayam kampung dan memiliki jengger wilah. Bentuk kepala ini memberi ayam siam gerakan cepat saat menyerang arena sabung ayam. Seperti Bangkok Chicken, Siamese Chicken memiliki kulit wajah yang kasar, tebal, dan merah.

Segi Bulu
Bulu ayam bangkok terlihat cukup lebat dan berkilau. Bulu ayam bangkok tumbuh dari daging hingga paha. Bulu-bulunya kaku saat dipegang, terutama pada sayap dan ekor ayam aduan. Bulu ayam bangkok terlihat ke bawah. Ayam siam memiliki bulu yang tumbuh lebat di sekujur tubuhnya hingga ke paha. Bedanya dengan ayam bangkok adalah adanya bulu sayap yang panjang dan berlapis yang tampak memiliki dua sayap dengan punggung menekuk ke atas. Sedangkan bulu di bagian ekor panjang, lebat dan sejajar dengan punggung tubuh.

Bentuk Kaki Dan Taji Ayam

Kaki asli Bangkok berbentuk persegi atau bulat. Lambung paha Bangkok keras dan kering, oleh karena itu benturannya selalu perih dan panas. Tubuh taji Bangkok sedikit mencuat dan tergolong panjang karena ukuran ayam aduan. Taji berbentuk ruas dengan ukuran yang cukup besar, namun tidak terlalu lama karena proses pertumbuhan taji yang relatif lambat, bahkan beberapa taji bahkan tidak tampak memiliki taji meskipun masih sebesar biji jagung.

Bentuk Jari Kaki
Kaki kedua ayam aduan sangat berbeda sehingga kita bahkan bisa membedakannya hanya dengan melihatnya. Jari-jari ayam bangkok terlihat cukup lebar dan besar karena digunakan sebagai salah satu tumpuan ayam ini saat hendak memukul lawan. Kuku kakinya panjang dan cukup tajam untuk melukai ayam aduan. Ceker ayam siam memang ukurannya tidak terlalu lebar, namun jari-jarinya memiliki kuku yang panjang meruncing seperti tombak. Paku pada kaki ayam siam ini jika tidak dicentang tidak akan membengkok ke bawah, melainkan akan tetap lurus dan memanjang. Paku yang demikian membuat ayam siam tampak melakukan serangan dengan tombak yang dapat dengan mudah melukai lawan.