Bagaimana merawat Ayam Aduan

Posted on

Bagaimana merawat Ayam AduanTips Bagaimana Merawat Ayam Aduan

Bagaimana merawat Ayam Aduan – Jenis ayam aduan yang paling populer diantara ayam petarung lainnya adalah jenis ayam aduan Bangkok. Pasalnya, ayam aduan Bangkok memiliki performa yang begitu bagus dalam pertarungan. Sehingga saat ini sudah banyak ayam bangkok yang sudah disilangkan dengan ayam kampung biasa. Jenis ayam bangkok yang sudah disilangkan biasanya berkualitas baik.

Bagaimana merawat Ayam Aduan – Bahwa suatu hari nanti akan ada keturunan yang sangat baik dan berbeda dalam pertempuran dan fisik. Ayam Bangkok Original atau Asli biasanya disebut sebagai Thai Bangkok Chicken. Mengapa disebut demikian? Karena memang benar ayam itu berasal dari Thailand. Karena itulah, ayam bangkok menjadi lebih mahal.

Setiap ayam bangkok memiliki gaya bertarungnya sendiri-sendiri. Gaya-gaya ini dibangkitkan menurut garis atau riwayat keturunannya.  Untuk mendapatkan ayam sabung berkualitas bagus jangan lupa untuk melatihnya

Umur yang cocok untuk ayam yang berolahraga adalah umur 6 sampai 7 bulan. Pada usia ini, ayam Bangkok mulai mengeluarkan bulu berwarna merah atau hijau mengilap. Saat itu ayam bangkok masih dalam tahap pelatihan busa sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat latihan.

Ternyata sebagian ayam bangkok itu asli dan ada pula yang palsu. Agar percaya dan tepat saat ingin membeli ayam ini, Anda perlu mengetahui ciri-ciri ayam bangkok asli. Apalagi kamu yang baru saja memasuki dunia craftsmanship bangkok tentunya perlu mengetahui karakteristik bangkok ayam, agar tidak salah membelinya.

Jika Anda akan memelihara ayam bangkok tentunya membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Sampai saat ini banyak orang yang memiliki hobi atau hobi merawat ayam yang hanya bertahan seminggu. Sisanya bosan. Nah, jika Anda ingin memelihara Ayam Bangkok Anda dengan kualitas yang baik, ada satu ras jika Anda membaca penjelasan berikut mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat merawat ayam aduan tersebut.

5 Cara Merawat Ayam Aduan

1. Siapkan Kandang
Cara merawat ayam bangkok yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang dengan standar. Biasanya kandang induk dan bayi dibuat terpisah untuk memudahkan pemeliharaan. Apalagi perawatan yang dibutuhkan berbeda satu sama lain.

Kandang yang digunakan biasanya terbuat dari kayu anyaman. Besar kecilnya kandang tergantung dari jumlah ayam bangkok yang anda miliki. Namun, usahakan membuatnya lebar agar bisa bergerak dengan bebas.

Khusus untuk anak ayam Bangkok yang terpisah dari induknya, perawatannya harus lebih intensif. Misalnya memberikan penghangat di dalam kandang agar anakan Bangkok tidak mudah sakit dan mudah mati.

Pastikan anak ayam dalam keadaan hangat agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

2. Pemberian pakan ayam.
Pakan ayam merupakan item utama dan sangat penting yang disediakan sebagai bagian dari perawatan ayam bangkok aduan. Pakan ini memiliki fungsi yang sangat kuat sebagai sumber energi untuk ternak, yang menghasilkan perilaku, efisiensi dan perilaku yang baik selama sabung ayam.

Saat memberikan makanan untuk ayam bangkok juga perlu disesuaikan dengan jumlah yang sesuai, misalnya harus sesuai dengan berat ayam bangkok yang anda rawat. Biasanya, ayam Bangkok memiliki berat 3 hingga 4 kg dan perlu menerima 200 hingga 300 gram pakan yang dihitung untuk setiap pemberian makan, bukan sehari.

Selain bobot badan juga perlu disesuaikan antara pemberian pakan untuk ayam muda dan pemberian pakan untuk ayam yang lebih tua. Bahkan dengan ayam dewasa pun selalu berbeda tergantung keinginan peternaknya. Misalnya untuk menggunakannya untuk adu ayam, biasanya ditambahkan jagung utuh pada pakannya, yang digunakan untuk melatih paruh ayam agar kuat.

5 Tips Merawat Ayam Sabung

Selain memberi makan ayam bangkok, ayam bangkok juga perlu mendapat suplemen dan vitamin agar lebih sehat dan kuat. Pemberian suplemen dan vitamin ini biasanya pada waktu yang tepat dan sebaiknya di malam hari. Selama ini ayam biasanya dalam keadaan tenang sehingga vitamin dan suplemennya akan mudah diserap oleh ayam sehingga meresap sempurna ke dalam tubuh ayam bangkok.

3. Selalu Dimandikan.
Ayam sangat perlu dimandikan agar penampilan ayamnya menarik. Ayam juga harus dimandikan setiap hari dan dimandikan dengan hati-hati. Karena ayam yang berpenampilan menarik dan juga bersih akan mempengaruhi performa ayam dalam pertarungan.

Ada juga beberapa momen mandi yang bagus untuk ayam bangkok ini. Kali ini pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Tapi kalau dilihat dulu cuaca mau hujan atau tidak, Bak Mandi Ayam Bangkok akan lebih baik saat cuaca cerah. Tapi sebelum itu, ada juga cara memandikannya. Namun, sebelum mencuci ayam bangkok, pastikan menggunakan air sumur bersih, tanpa sabun.

4. Penjemuran.

Pengeringan biasanya dilakukan setelah ayam selesai dimandikan, yaitu dengan menempatkannya di dalam kandang bulat kemudian menempatkannya di bawah sinar matahari pagi, dan papan atau alas diletakkan di dasar kandang agar ayam tidak berguling dan menjadi kotor. Waktu terbaik penjemuran ini hanya sekitar pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Ini dirancang untuk memproses pertumbuhan tulang dan bulu pada ayam. Selain itu, dapat membuat orang menjadi lebih sehat dan bugar. Karena sinar matahari langsung di pagi hari mengandung vitamin D dan bisa menjadi bahan tidak aktif yang baik untuk tulang ayam.

5. Vitamin dan Suplemen
Selain hijauan, ayam bangkok juga membutuhkan vitamin dan suplemen agar dagingnya tetap sehat dan berkualitas untuk dikonsumsi. Dalam adu ayam bangkok, vitamin digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh ayam agar selalu kuat saat di hollow. Selain itu, pemberian vitamin dan suplemen ditujukan untuk membentuk rambut, otot, tulang, dan bagian tubuh lainnya secara optimal. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan cara perawatan ayam bangkok berupa vitamin dan suplementasi.

Baca juga : Ciri Ayam Bangkok Super Berkualitas F1